suka makan
Saat membaca judul tulisan ini, mungkin kalian mengira itu adalah nama sebuah rumah makan. Hahahaaaaa. Sayangnya bukan. Sumber Hidangan adalah nama dari toko roti peninggalan zaman Belanda yang terletak di Jalan Braga. Het Snoephuis, itu nama toko roti ini pada zaman kolonial Belanda yang berarti The Candy House.
Mungkin bagi mereka yang belum pernah ke sana akan mengalami kesulitan menemukannya. Karena toko ini tidak memasang papan nama di depan tokonya. Hanya print-an kertas A4 dengan tulisan “Sumber Hidangan d/h Het Snoephuis sejak 1929” yang tertera pada kaca depan toko tersebut. Dan mustahil sekali orang dapat melihatnya, apalagi kalau mereka yang berada di kendaraan, seperti motor ataupun mobil. Karena itulah yang kami alami, kesulitan mencari toko ini. Heheheeeeeee.



Bangunan ciri khas Belanda tetap dipertahankan toko ini. Begitu pun dengan cara-cara lama dari pembuatan kue dan roti, yaitu tidak memakai pengawet dan roti selalu dibungkus dengan kertas roti. Jadi, kalau beli roti di sini, enaknya langsung dimakan pada hari itu juga.
Hampir semua roti dan keu di sini menjadi andalan, karena rasanya memang enak dan harganya pun lumayan terjangkau. Tapi, waktu kami datang ke sana Cuma bawa duit dikit, jadi kami cuma mampu beli Krentenbrood (roti kismis) seharga Rp. 3000,-. Tuuuuhh, lumayan murah kan???
Selain itu, ada kue yang bernama Bokkepootjes. Mungkin kalau di Indonesia namanya lidah kucing celup cokelat kali ya? Atau semacam lady fingers gitu. Cuma kalau di toko ini, Bokkepootjes-nya dobel, dua Bokkepoot ditempel pake saus kemerahan, ada kayak kelapa kering di dalam adonannya, baru dicelup ke cokelat cair. Harga 1 ons Bokkepootjes adalah Rp. 17000,-.



Masih banyak lagi roti dan kue yang bisa kita beli dan nikmati di sana. Antara lain adalah Taai taai pop (roti jahe), suiker hagelslaag (sejenis sugar sprinkles atau meises gitu), mocca truffel, saucijzenbrood (roll cake isi daging cincang), pasteikorst (sejenis pastry), krentenbollen (roll cake kismis), chocolate rotsjes (kayak kacang di dalam adonan cokelat), vruchten zandtaart (sejenis pai yang isinya buah kering/sukade).
Udah ngiler belum?? Kalau udah, cepetan donk ke sana. Harga?? Jangan khawatir. Tadi kan kami udah bilang kalau di sana harganya lumayan murah, tergantung jenis roti dan kue apa yang mau dibeli. Heheheeeee..

*Toko Sumber Hidangan
Jalan Braga 20-22 Bandung
Telp: 022-4236638
Buka setiap hari (kecuali hari Minggu) 08:30-19:00
3 Responses
  1. di sumber hidangan lucu ada roti panda dan kura-kura kan? harganya murah pula


  2. mooibandoeng Says:

    Bokkepotjes itu kaki kambing, mungkin karena bentuk kuenya yang mirip. Favorit saya di sini es krimnya, terutama yang dikasi banyak buah2an (lupa namanya) atau marasquinho yang pake rum itu..


  3. aduduh,..aku jg suka makan
    Tp kalo daftar menunya sepanjang ni pusing ndiri jadinya..
    Pngen makan yg pedes malam ni...
    Buat kuras perut.Haha..harus diberi space khusus th.Bahas


Posting Komentar