suka makan
Oleh
Naluri Bella Wati (210110070036) dan Yurike Puspita Arini (210110070294)

Ponsel sudah menjadi alat komunikasi yang sangat dibutuhkan masyarakat. Dengan majunya teknologi, ponsel tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, seperti untuk menelpon atau pun mengirim dan menerima pesan. Tetapi juga sudah memengaruhi gaya hidup masyarakat.
Seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi, produsen ponsel tidak hanya menyajikan kemudahan dalam berkomunikasi, tetapi juga memanjakan para pengguna ponsel dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Selain itu, mereka pun terus berinovasi dalam membuat prototipe ponsel masa depan.
Seperti apakah ponsel masa depan? Bagaimana spesifikasinya? Dan sejauh apa ponsel masa depan itu dapat memenuhi kebutuhan manusia?
Terdapat beberapa contoh jenis ponsel masa depan, seperti Nokia 888 communicator, BenQ-Seimens “Snaked”, NEC Tag, Bracelet concept phone, Ring cell phone, dan Talking tooth. Semua jenis handphone tersebut termasuk ke dalam jenis future concept phone.
Future concept phone ialah ponsel yang dirancang sesuai dengan kebutuhan manusia di masa depan yang belum diproduksi. Artinya masih berupa prototipe. Ponsel masa depan lebih mengutamakan fitur-fitur canggih dan fleksibel. Ponsel masa depan pun bentuknya tidak lazim. Jika melihatnya saat ini, kita akan terheran-heran. Karena bentuk ponsel tersebut tidak pernah ada dalam pikiran kita.

• Nokia 888 Communicator

Nokia 888 Communicator adalah ponsel futuristik yang dirancang menggunakan baterai cair, pengenal pembicara, layar sentuh yang fleksibel, dan casing yang sensitif terhadap sentuhan. Produk ini didesain oleh Tamer Nakisci yang memenangkan Nokia Design Award.
Produk ini bisa dibawa ke mana pun, dalam bentuk apapun. Kita dapat memutar, menekuk, dan menaruhnya di pakaian layaknya clip, dan sebagainya. Ia memiliki mekanisme program yang sederhana sehingga dapat berubah bentuk tergantung situasinya. Ponsel ini begitu sensitif pada gerakan, mengerti apa yang kita inginkan, dan dapat merespon dengan baik.
Nokia 888 Communicator diperuntukkan bagi pengguna muda yang aktif dan banyak aktivitas. Meskipun pasar terlihat siap dengan jenis ponsel seperti ini, namun ada satu hal yang terlupakan, yakni belum adanya keinginan dari Nokia untuk mengubah ponsel konsep ini menjadi produk yang komersil.

• Bracelet Concept Phone dan Ring Cell Phone

Ponsel ini dirancang untuk para wanita yang tidak suka membawa ponselnya dan lebih memilih menggunakannya pada pergelangan tangan. Ponsel tersebut dirancang oleh desainer asal Cina, Tao Ma dalam Lite On Corporation Award pada 2006.
Ketika menerima sebuah pesan, ponsel bergetar dan menyala. Jika ingin membacanya, kita hanya mengambilnya dari pergelangan tangan dan menekan tombol-tombolnya yang seperi berlian. Unsur kesederhanaan menjadi nilai utama dalam rancangan bracelet phone.
Ponsel ini terbuat dari logam. Salah satu bagiannya dapat dipisahkan ketika menjawab telepon dan mempunyai earphone jack yang dapat digunakan untuk mendengarkan musik.

Selain bracelet concept phone, Tao Ma juga merancang ring phone cell. Ponsel ini merupakan penggabungan yang unik antara kesederhanaan dan elegan yang dikombinasikan dengan fungsi-fungsi pada umumnya dalam membuat dan menerima panggilan. Ketika akan berkomunikasi dengan orang lain, kita harus mendekatkan ponsel cincin ke telinga.

• Talking Tooth

Dua orang peneliti asal Inggris, James Auger dan Jimmy Loizeau, telah mengembangkan sebuah prototipe “ponsel gigi”. Ponsel tersebut dapat diletakkan dalam gigi geraham dan dapat menerima panggilan. Sinyal diterjemahkan melalui getaran dari gigi ke tulang yang ada dalam telinga, dan hanya kita yang dapat mendengarnya.
Pemasangan ponsel gigi dilakukan seperti operasi gigi pada umumnya. Hanya, proses implementasi itu belum melibatkan mikrochip. Penemuan alat ini akan sangat bermanfaat bagi para pedagang saham atau investor dan para politisi.
Kedua penemu ponsel gigi yakin bahwa pirantinya akan menjadi piranti non medis pertama yang dapat diimplantasi ke tubuh manusia.

Kelebihan dan Kekurangan
Dari beberapa contoh di atas, penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan tentang ponsel masa depan. Mereka memiliki karakteristik yang sama, yaitu fleksibel dan menggunakan fitur-fitur yang canggih.
Selain kelebihan-kelebihan tersebut, terdapat kekurangan. Bentuknya yang tak biasa akan sulit diterima masyarakat, terutama bagi mereka yang gagap teknologi. Sekalipun, ponsel-ponsel masa depan ini benar-benar tercipta dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk dipenetrasikan.
Dilihat dari fitur-fiturnya yang canggih, tentu saja uang yang harus dikeluarkan tidak sedikit untuk membeli ponsel-ponsel tersebut. Hanya early adopter-lah yang bisa memilikinya, jika benar-benar diproduksi.

SUMBER
• http://www.mobilewhack.com/nokia-888-communicator/
• http://www.cameraphonesplaza.com/futuristic-phones-for-the-ladies/
• http://www.nokia888.com/
• http://www.techfresh.net/bracelet-concept-phone/
• http://www.cameraphonesplaza.com/futuristic-phones-for-the-ladies/
• http://buletin.melsa.net.id/news/ponselgigi.html
• http://images.google.co.id/imgres?imgurl=http://jkrelt.files.wordpress.com/2007/08/tra_phone_pic.jpg&imgrefurl=http://jkrelt.wordpress.com
0 Responses

Posting Komentar